Biskuit Kokola

Kokola Group

BREAKING NEWS
Home / Biskuit / BLUEPRINT BISKUIT KOKOLA

BLUEPRINT BISKUIT KOKOLA

BLUEPRINT BISKUIT KOKOLA : STRATEGI PASAR KOKOLA GROUP

 

Lauching Biskuit Kokola Halal dengan Icon Mamah Dedeh

Lauching Biskuit Kokola Halal dengan Icon Mamah Dedeh

LATAR BELAKANG KOKOLA GROUP

 

PT Unggul Indo Modern Sejahtera atau PT UNIMOS merupakan sebuah perusahaan yang menaungi produksi biskuit kokola. Biskuit Kokola adalah sebuah makanan ringan yang dikreasikan oleh putra-putri Indonesia sejak 40 tahun lalu. Kemudian biskuit ini terus mengalami perkembangan dalam pengelolaanya seiring perkembangan teknologi serta menggunakan bahan-bahan pilihan. Biskuit Kokola memiliki motto SHARING HAPPYLICIOUS ini bermaksud untuk berbagi kenikmatan yang membahagiakan kepada semua orang.

 

Dalam hal ini, maka yang akan kami lakukan adalah memperbaiki konten dari website biskuit kokola berupa penambahan kolom informasi kontak, kolom aktifitas perusahaan, mengisi kolom galeri, memperbaiki brand spirally serta menambahkan kolom saran dan kritik dan menambahkan fasilitas delivery order bagi konsumen.

 

Baca artikel : Biskuit Kokola Menghiasi Toko Rejeki Pasar Layur Banjarjo Bancar Tuban

 

RINGKASAN EKSEKUTIF KOKOLA GROUP

 

Pada saat ini Biskuit Kokola merupakan salah satu biskuit yang masih bisa bersaing di pasar dagang Indonesia walaupun namanya belum begitu membahana. Namun pemilihan segmentasi pasar yang tepat dengan menggunakan kecanggihan perkembangan teknologi menjadi alasan utama tetap bisa bersaingnya biskuit ini. Dengan media internet yang digunakan oleh PR Biskuit Kokola berupa website, Facebook, dan Twitter serta kematangan manajemen perusahaan dan tersedianya cukup sumber daya yang didukung oleh strategi PR yang efektif menjadikan pemasaran produk ini menjadi luar biasa meluas di seluruh penjuru Indonesia.

 

Pemanfaatan peluang dari pangsa pasar online dan segmentasi Biskuit Kokola yang tidak ada batasan akan membuat Biskuit Kokola semakin meningkatkan produktifitas perusahaan. Apalagi melihat keadaan pertumbuhan pasar saat ini yang terus meningkat pada semua kalangan sangat membantu perkembangan pasar Biskuit Kokola. Namun kewaspadaan harus tetap diutamakan dengan semakin banyaknya perusahaan yang menjual produk sejenis.

 

Artikel lain : Produk Kokola, Wafer Majestic White Coffee & Biskuit Kokola Delicious Tiba Di Toko Rejeki Snack

 

TUJUAN KOKOLA GROUP

 

  • Meningkatkan produktifitas perusahaan.
  • Menambahkan strategi e-PR perusahaan sebagai upaya peningkatan pangsa pasar.
  • Membantu perusahaan lebih dekat dengan para konsumen.
  • Lebih bisa mengontrol iklan yang ditampilkan di media.

 

KONDISI TERKINI PERUSAHAAN DAN e-PR NYA KOKOLA GROUP

 

Biskuit kokola kondisi terkini perusahaan mempunyai twitter didalamnya terdapat seputar produk,dan perkembangan nya akan tetapi dalam segi informasi kurang update tapi dalam segi produk disitu lengkap dalam segi web perusahaan kokola cukup menarik dalam desain dan gambar-gambar mengenai produk tersebut bisa dilihat http://kokola.co.id di dalam web juga dijelaskan kelebihan-kelebihan biskuit kokola sangat jelas sekali disini biskuit kokola ingin mengambil segmen keluarga yang sedang berkumpul sambil ditemani biskuit kokola bisa dilhat dari web share holder terdapat bendera inggris mungkin menurut kelompok kami prusahaan ini bekerja sama dengan negara inggris informasi yang terdapat dalam website sangat lengkap sekali mulai dari profil, beranda kontak person, macam-macam produk.
Share dan stage holder kokola mengajak semua golongan jika ingin menjalin kerja sama dalam bentuk bisnis sangat terbuka.

 

Artikel terkait : Biskuit Kokola Halal & Laris Di Toko Rejeki Snack

 

ALAT-ALAT e-PR KOKOLA GROUP

 

  • Website

Website Biskuit kokola dimanfaatkan untuk menjelaskan profil perusahaan, sejarah perusahaan, visi misi perusahaan, dan business. Website ini juga memudahkan customer dalam mengetahui katalog yang dapat langsung didownload dari website. Kegiatan-kegiatan yang diporgramkan oleh Biskuit kokola juga ditampilkan dalam website ini.

 

  • Facebook dan Twitter

Kokola memanfaatkan facebook dan twitter sebagai media promosi dan sebagai wadah untuk berinteraksi dengan para customer. Hal ini merupakan salah satu strategi PR Biskuit kokola untuk mengetahui apa yang harus diperbaiki dalam melayani para customer demi menjaga image perusahaan. Setiap kegiatan serta promo terbaru yang dilakukan Biskuit kokola juga diunggah dalam akun media sosial mereka ini. Informasi yang mereka unggah juga diberikan one touch click ke website yang mereka miliki yang berisi tentang informasi lebih lengkap mengenai informasi yang mereka unggah. Ini memudahkan calon customer untuk langsung menuju link website Kokola yang dituju.

 

Baca artikel ini juga : Wafer Majectic Produk Unggulan Saat Mapakan

 

ANALISIS SWOT KOKOLA GROUP

Strength (Kekuatan)

  • Kondisi keuangan/finansial yang kuat, dapat dilihat dari perkembangan kepemilikan saham di berbagai perusahaan.
  • Brand yang telah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia terutama produk Malkist crispy crakers.
  • Kepemimpinan Direksi dan Komisaris yang matang.
  • Memiliki Sumber Daya Manusia yang besar sehingga mampu produksi yang besar pula.

 

Weakness (Kelemahan)

  • Tenaga kerja yang banyak membuat perusahaan rentan goncangan terhadap penjualan produk yang menurun.

 

Opportunities (Peluang)

  • Pertumbuhan pasar yang terus meningkat baik di kalangan bawah, menengah maupun atas.
  • Segmentasi pasar yang tidak terlalu signifikan karena produk yang dihasilkan terus menyesuaikan untuk dikonsumsi pria atau wanita, baik tua maupun muda.
  • Memanfaatkan e-bussines dalam membantu mengembangkan pangsa pasar dan memperkenalkan produk melalui internet karena pengguna internet sama dengan masyarakat konsumen.
  • Peluang pasar yang besar dalam sistem distribusi yang mencakup grup pendistribusian produk hingga pasar tradisional dengan waktu sesingkat mungkin.

 

Threat (Ancaman)

  • Terus dihadapi dengan pesaing-pesaing baru dengan jenis produk yang sama.

Anda harus membaca ini : Wafer Majestic White Coffee Terjual 3 Karton Di Toko Rejeki Snack

 

STRATEGI e-PR KOKOLA GROUP

 

Langkah pertama adalah membuat dan memaksimalkan mascot, berupa figure hewan yang lucu. Dan menyimbolkan tentang biskuit kokola, dan mascot tersebut yang akan menemani setiap kegiatan yang akan dilakukan public relation kokola, Masyarakat akan mengenal apa itu biskuit kokola jika produk tersebut dikenalkan secara terus menerus, dari hal itu program pertama yang akan dilakukan adalah promosi dengan cara masuk ke sekolah-sekolah untuk sponsor atau event dari kokola sendiri, untuk merealisasikan rencana tersebut perlu sebuah sarana untuk menarik perhatian dari masyarakat atau audience, karena walau kita sudah berhasil masuk ke sekolah-sekolah sebagai sponsor jika audience tidak tertarik akan menjadi hal yang sia-sia, menciptkan suatu mascot adalah salah satu solusi untuk menarik perhatian. Rajin masuk ke sekolah-sekolah secara kontinyu pasti akan membuat tujuan dari promosi ini tercapai yakni audience mengenal produk kita.

 

Selain cara tersebut, public relation juga akan membuat CSR di kampung-kampung, membuat sesuatu hal yang menyenangkan bersama para masyarakat akan membuat mereka simpatik dengan sendirinya, bazar murah, permainan-permainan berhadiah, jalan sehat dan masih banyak lagi kegiatan yang akan dilakukan, kegiatan ini akan dilakukan berpindah-pindah dari wilayah satu kewilayah yang lain. Dan mascot dari biskuit kokola harus selalu ada agar audience selalu ingat dengan biskuit kokola walau hanya dari mascotnya.
Public relation biskuit kokola juga akan menembus sector media, karena media adalah alat promosi yang paling efektif saat ini, selain terjun langsung kemasyarakat seperti kegiatan-kegiatan diatas juga akan melakukannya dengan iklan,baik itu dimedia cetak, radio atau televisi loKal, iklan yang ditayangkan secara terus menerus akan mempengaruhi audience. Untuk perencanaan ini dibutuhkan suatu tim yang benar-benar professional dan bertanggung jawab untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kejelian memilih tempat-tempat yang dirasa mempunyai rasa simoatik tinggi akan sangat menentukan, turun kesuatu wilayah dengan masyarakat yang acuh kepada kita akan membuat dana dan waktu yang digunakan sia-sia.
Baca artikel ini : Wafer Majestic White Coffee Laku Terjual 60 Pcs Di Toko Rejeki Snack

 

KONTROL

 

Kegiatan kontrol terhadap strategi-strategi PR biskuit kokola merupakan hal penting yang harus terus dilakukan agar strategi PR yang sudah dijalankan terus berjalan dan dapat meningkatkan citra produk dari biskuit kokola. Kegiatan kontrol tersebut meliputi :

  • Analisis perkembangan produk biskuit kokola setelah sekolah-sekolah yang memakai sponsor dan mascot biskuit kokola. Agar kita dapat mengetahui seberapa tingkat popularitas dari produk biskuit kokola dimata konsumen. Analisis ini dilakukan 1 bulan sekali agar kita dapat mengetahui juga seberapa banyak yang memakai seponsor biskuit kokola dalam 1 bulan.
  • Melakukan kegiatan CSR 1 bulan sekali disetiap daerah yang berbeda,dan melakukan evaluasi setelah melakukan kegiatan CSR selama 1 bulan sekali.
  • Kami juga akan memonitoring iklan-iklan biskuit kokola melalui media cetak maupun elektronik setiap bulannya agar konsumen benar-benar mengenal produk kami, ini dilakukan untuk menjalih kesinambungan antara media dan perusahaan.

 

***

Artikel ini kami khususkan buat stakeholder Kokola Group yang bermarkas di Gresik Jawa Timur. Team kami siap membantu dalam pemasaran secara online, baik itu berupa Toko Online Biskuit Kokola atau Pengembangan Website / Webmaster Kokola.co.id ataupun Digital Campaign Biskuit Kokola

 

About FAUZUL FIDZIKRI

Founder PortalCamilan.com merupakan Pusat Informasi Camilan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*